Senin, 14 Maret 2011

Kerangka karangan & Pantun

                                                   Kerangka Karangan
           

                  Karangan adlah hasil mengarang,berupah kisah atau cerita dalam bentuk tulisan.
Hasil karangan merupakan buah pikiran dari penulis yang berasal dari imajinasi atau keingunan penilis itu sendiri.Hal yang dapat dilakukan untuk memudahkan untuk mengarang adalah membuat kerangka karangan terlebih dahulu.Kerangka karangan adalah suatu rencana kerja yg memuat garis besar secara lengkap

                                                                  Pantun

                 Pantun merupahkan salah satu jenis karya seni yang lama yang berbentuk puisi .
Pantun termasuk puisi lama,pantun adalah puisi asli Melayu. Pantun disebut puisi karena mementingkan keindahan bahasa,kepadatan makna,serta bentuk penulisannya yang berbait-bait.Berikut merupakan ciri-ciri pantun.
1}setiap bait berisi empat baris
2}setiap baris berisi delapan sampai dua belas suku kata.
3}baris satu &dua disebut sampiran baris tiga &empat disebut isi
4}bersajak ab-ab
                   contoh pantun

Jambu merah
di dinding
Jangan marah
just kidding
Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.

jalan-jalan ke pinggir empang
nemu sendok di pinggir empang
hati siapa tak bimbang
saya botak minta dikepang
Buah kedondong
Buah atep
Dulu bencong
sekarang tetepp
Buah semangka buah duren
Nggak nyangka gue keren
Buah semangka buah manggis
Nggak nyangka gue manis
Buah apel
di air payau
Nggak level
layauuuuuuu…..
Disini bingung, Disana linglung
mangnya enak, engga nyambung….
Buah semangka berdaun sirih
Buah ajaib kali yah
Jambu merah di dinding
Jangan marah just kidding
Jauh di mata,dekat dihati
Jauh di hati,dekat dimata
Jauh-dekat tujuh ratus perak
Men sana
in corpore sano
Gue maen kesana,
Elo maen ke sono!
Disana gunung, disini gunung,
Ditengah-tengah bunga melati
Saya bingung kamu pun bingung
Kenapa ada bunga melati
mancing ikan di kolam tetangga
manjat jambu di pohon tetangga
sungguh enak punya tetangga
maen-maen ke rumah tetangga yok !!!
1,2,3, dan 4
lebaran makan ketupat
5, 6, 7, dan 8
ngggg …, 9, 10, 11, 12 …
pantunnya udah lupa tuh… :p .
satu, dua, tiga,
empat, lima, enam,
tujuh, delapan, sembilan
hebat udah bisa ngitung
buah kedondong, buah tomat
elu bodong amat
bunga melati bunga mawar
bunga mawar bunga melati
aduh, pantun norak sekali …
buah duren di pohon beringin
resek banget tuch duren …
ayam kurus bulunya banyak
rugi banget yang beli…
                                                 



                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar